Saat ini burung kacer sangat terkenal terutama di area perlombaan burung. Bagi pecinta burung, kacer menjadi perhatian khusus dikarenakan suaranya yang merdu dan lantang. Sekarang mari kita lihat beberapa jenis burung kacer yang dapat kita temui.

Jenis Burung Kacer

Burung kacer di berbagai belahan dunia
Burung kacer dikenal dengan nama internasional magpie robin. Burung ini adalah jenis pemakan serangga meskipun ada beberapa spesies yang juga memakan buah-buahan. Terdapat 11 jenis burung kacer di dunia, yaitu:

  1. Seychelles magpie robin: burung kacer jenis ini memiliki ukuran sedang kira-kira 25 centimeter. Burung ini berasal dari daerah Seychelles yang terletak di Samudra Hindia. Di Indonesia burung ini lebih dikenal dengan nama burung kacer dari Jawa.
  2. Oriental magpie robin: kacer ini memiliki tubuh yang kecil. Bulunya berwarna hitam dan putih dengan ekor panjang. Biasanya ia berkembang di beberapa daerah India dan Asia Tenggara. Di Indonesia burung ini lebih dikenal dengan nama burung kacer poci.
  3. Philippine magpie robin: seperti namanya jenis burung kacer ini berasal dari Filipina dan merupakan satwa endemik dari sana. Sebelumnya burung kacer ini sempat dimasukkan pada spesies yang sama dalam oriental magpie robin.
  4. White vented shama dan white browed shama: kedua kacer ini merupakan endemik asli Filipina.
  5. Black shama: kacer ini merupakan burung asli Filipina yang menjadi endemik di daerah Cebu.
  6. Madagascan magpie robin: burung kacer ini merupakan satwa endemic di Madagaskar yang hanya bisa kita temukan disana. Ia dapat hidup di lingkungan sub tropis dan tropis.
  7. White crowned shama: burung ini merupakan burung kacer satu-satunya yang hanya bisa ditemukan di Indonesia dan menjadi satwa endemik di Kalimantan. Kacer ini berukuran sedang sekitar 21 centimeter sampai 28 centimeter. 
  8. Rufous tailed shama: burung kacer ini dapat ditemukan di beberapa negara dalam Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Brunei Darusalam, dan Malaysia.
  9. White rumped shama: kacer ini berasal dari daerah India dan Sri Lanka. Karena burung ini sangat terkenal ia dikembang biakkan di berbagai negara.
  10. Andaman shama: jenis burung kacer ini merupakan endemik asli Pulau Andaman.