Kementrerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui situs Direktorat KSKK Madrasah beberapa waktu yang lalu mengeluarkan sebuah aplikasi untuk madrasah.

Aplikasi tersebut punya nama yang cukup unik, namanya yaitu SIBOS PINTAR. Nama SIBOS PINTAR merupakan singkatan dari Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar.

Melalui aplikasi ini rekan guru bisa memutakhirkan data peserta didik yang dibutuhkan setiap awal tahun pelajaran baru, tujuannya untuk meningkatkan ketepatan sasaran impelementasi Program BOS dan Program Indonesia Pintar.

Meskipun belum ada informasi resmi dari Pemnab masing-masing Kabupaten tidak ada salahnya rekan guru madrasah memutakhirkan data peserta didik lebih dulu menggunakan aplikasi SIBOS PINTAR ini.

Dengan melakukan pemutakhiran lebih dulu, rekan guru juga bisa lebih leluasa memutakhirkan data peserta didik.

Kementrerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui situs D Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag (Lengkap dengan Panduan Instalasi)

Tujuan Pengembangan Aplikasi SiBOS PINTAR

Kementrerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui situs D Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag (Lengkap dengan Panduan Instalasi)

Selain memperkenalkan aplikasi SIBOS PINTAR, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui surat Nomor 1309/Dj.i.i/Dt.I.I.4/HM.01/09/2018 juga menjabarkan beberapa tujuan dikembangkannya aplikasi ini.

Tujuan dibuatnya aplikasi SIBOS PINTAR antara lain:

  • Mendata peserta didik madrasah dengan cepat dan akurat sebagai basis perencanaan anggaran dan kuota BOS per madrasah.
  • Mengintegrasikan data peserta didik madrasah secara online dengan data kependudukan keluarga miskin dan keluarga prasejahtera di Kementerian Sosial sebagai basis pemadanan data dalam rangka penyaluran Program Indonesia Pintar untuk peserta didik madrasah.
  • Merekapitulasi data pada tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten, hingga tingkat kecamatan mengenai demografi dan statistik peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam meminta agar rekan guru madrasah bisa mensosialisasikan aplikasi SIBOS PINTAR kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten dan Kepala Madrasah di wilayah masing-masing.

Rekan guru diharapkan dapat memutakhirkan data peserta didik dalam waktu secepatnya, paling lambat 30 September 2018.

Download Aplikasi SIBOS PINTAR 

Bagi rekan guru yang ingin mengunduh aplikasi tersebut, bisa mengunduhnya melalui artikel ini.

Aplikasi SIBOS PINTAR adalah aplikasi desktop online yang perlu dipasang di perangkat komputer, untuk menjalankannya rekan guru juga membutuhkan koneksi internet, karena untuk mengirim data peserta didik ke server aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.

Sebetulnya, di situs Direktorat Jenderal Pendidikan Islam KSKK Madrasah juga tersedia file installer aplikasinya, akan tetapi terkadang file tersebut seringkali bermasalah dan tidak bisa di download sebagai mana mestinya.

Oleh karena itu, di sini kami akan menyediakan beberapa url download alternatif agar ketika salah satu server bermasalah rekan guru bisa menggunakan server yang lainnya.

Meskipun kami menyediakan beberapa file download, namun bapak/ibu guru tidak perlu bingung, karena semuanya berisi file installer aplikasi SIBOS PINTAR hanya saja tempat penyimpanan atau servernya saja yang berbeda.

Download Aplikasi SIBOS PINTAR

Panduan Instalasi Aplikasi SIBOS Pintar

Setelah file installer berhasil di download, selanjutnya kita perlu memasang aplikasi tersebut di perangkat komputer, karena file installer menggunakan format arsip, Bapak/Ibu guru perlu mengekstraknya terlebih dahulu menggunakan aplikasi Winrar atau sejenisnya.

Supaya file tersebut bisa di cari dengan mudah dan tidak tercampur dengan file lainnya, silahkan buat folder baru kemudian masukkan file installer ke dalam folder tersebut.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Klik kanan pada file installer SIBOS PINTAR yang telah berhasil di download tadi.
  • Pilih opsi Ekstract Here untuk mengekstrak.
  • Klik dua kali pada file bernama “SetupSIBOSPINTAR.exe” atau “Setup.exe“.
  • Pilih Next, Next, Next.
  • Sampai di sini proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai selesai.
  • Jika aplikasi berhasil di pasang, akan muncul notifikasi Confim Installation.
  • Terakhir, pilih Close.

Sampai di sini, SIBOS PINTAR siap digunakan.

Cara Menjalankan Aplikasi SIBOS Pintar

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi desktop pada umumnya yang membuat shortcut otomatis ketika aplikasi berhasil dipasang, SIBOS PINTAR tidak seperti itu.

Sehingga Bapak/Ibu perlu mencari aplikasi tersebut melalui fitur pencarian aplikasi yang tersedia di Windows dan membuat shortcut aplikasi secara manual supaya SIBOS PINTAR bisa muncul di halaman depan Windows.

Di sini kami menggunakan Windows 7, jika Bapak/Ibu menggunakan versi Windows yang berbeda silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pilih tombol Start yang ada di pojok kiri bawah layar.
  • Tulis “SIBOS PINTAR” tanpa tanda petik di kolom pencarian.
  • Setelah muncul aplikasinya, klik kanan pada aplikasi SIBOS PINTAR.
  • Pilih opsi Send to Desktop (Create Shortcut).

Sampai di sini aplikasi SIBOS PINTAR akan muncul di halaman depan Windows, untuk membukanya Bapak/Ibu hanya tinggal melakukan klik dua kali pada aplikasi tersebut.

Nantinya secara otomatis SIBOS PINTAR akan berjalan.

Cara Login ke Aplikasi SIBOS PINTAR

Kementrerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui situs D Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag (Lengkap dengan Panduan Instalasi)

Setelah berhasil aplikasi pertama kali di jalankan, Bapak/Ibu akan dihadapkan pada tampilan login.

Untuk login ke aplikasi, Bapak/Ibu memerlukan UserID dan Password.

  • UserID : (isi dengan NSM sekolah masing-masing)
  • Password : User12345

Apabila login berhasil Bapak/Ibu akan diarahkan ke halaman Daftar Izin Akses, silahkan pilih daftar tersebut.

Setelah itu akan muncul Modul Admin yang sesuai dengan hak akses yang bisa digunakan.

Misalnya, jika Bapak/Ibu admin madrasah, maka yang terbuka hanya Modul Admin Lembaga saja. Pada Modul tersebutlah Bapak/Ibu bisa memulai untuk melakukan pendataan peserta didik madrasah.

Sesuai dengan harapan Direktora Jendral Pendidikan Islam agar rekan guru bisa mensosialisasikan aplikasi ini ke rekan admin madrasah yang lainnya.

Bapak/Ibu bisa menggunakan tombol berbagi di bagian bawah artikel ini untuk mensosialisasikan aplikasi ini ke sosial media.

Demikian informasi mengenai aplikasi SIBOS PINTAR yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu para admin madrasah.