Cara Cek Penggunaan Kuota/Paket Data Internet di Smartphone Android – Kini kuota data internet menjadi semacam ‘bahan bakar’ smartphone masa kini. Sebab, nyaris setiap kepentingan sudah bekerjasama dengan internet.

Paket Data Internet di Smartphone Android Cara Cek Penggunaan Kuota/Paket Data Internet di Smartphone Android

Contohnya chat, browsing, upload, dan download. Sayangnya, orang kerap lupa penggunaan kuota sehingga tahu-tahu habis. Untuk tetap terinformasi dan memonitor penggunaan kuota paket data internet, simak cara cek penggunaan kuota/paket data Internet di smartphone Android berikut.

Cara berikut ini sanggup dipakai pada segala provider. Mulai dari Telkomsel, Indosat, XL, Tree, Smartfren, Axis dan lain sebagainya.

Macam-macam Cara Cek Penggunaan Kuota Paket Data Internet di HP Android

Menggunakan SMS

Memeriksa penggunaan paket internet di smartphone Android sanggup dilakukan dengan cara tradisional. Dengan memanfaatkan layanan Short message service (SMS), Anda sanggup menyelidiki sisa kuota paket data Anda. Tinggal mengirim sms sesuai dengan format yang disediakan provider penyedia layanan internet Anda. Umumnya, format yang disediakan berbeda-beda tiap provider. Sebagai referensi pada provider tri, Anda perlu mengetikkan Info (spasi) data kemudian kirim ke 234.

Baca dulu: 7 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android

Menggunakan Dial Phone

Memeriksa penggunaan paket internet di smartphone Android memakai Dial Service atau panggilan merupakan cara yang paling konvensional. Cara yang satu ini tergolong rumit alasannya ialah butuh pengiriman perintah yang banyak. Contohnya saja pada pengecekan kuota paket data di indosat. Anda harus menekan *123# kemudian tap panggil. Lalu pilih sajian nomor 5, kemudian pilih sajian nomor 7 (Info) kemudian pilih paket internet Anda yang sedang aktif sampai muncul notifikasi sukses. Anda kemudian diharuskan untuk menunggu beberapa ketika sampai mendapatkan sms berupa infrmasi jumlah sisa kuota yang sedang tersisa.

Baca Juga :  2 Game Balap Sepeda Android Terbaik Offline

Menggunakan Website

Mengecek kuota melalui portal website juga sanggup dilakukan. Salah satu misalnya ialah provider tri yang menyediakan layanan investigasi penggunaan kuota internet dan sisa kuota internet pada paket yang sedang aktif. Hal ini tentunya lebih efisien dikarenakan Anda hanya perlu memasukkan username yang telah terdaftar, password, serta nomor telepon yang terdaftar. Anda juga sanggup mendapatkan gosip mengenai masa aktif, nama paket, dan masa aktifnya.

Menggunakan Aplikasi Provider Resmi

Menggunakan aplikasi resmi besutan tiap-tiap provider merupakan salah satu cara paling efektif dalam menyelidiki penggunaan kuota internet. Terlebih masa masa sekarang telah didominasi dengan smartphone dan aplikasi mobile. Bahkan sekarang hampir semua provider mulai dari Telkomsel, Axis, XL, dan Indosat mulai berlomba menciptakan aplikasi monitor kuota.

Contohnya saja my Indosat Care milik Indosat ooredoo. Pada aplikasi smartphone My Indosat Care, Anda sanggup menyelidiki penggunaan kuota, masa aktif, dan sisa kuota. Bahkan pada aplikasi resmi provider ini telah disediakan banyak sekali fasilitas layanan menyerupai pembelian paket data, pembelian pulsa, dan beberapa fitur perhiasan lainnya.

Simak dulu: Cara Menghemat Kuota Internet Facebook di Android Paling Efektif

Memanfaatkan aplikasi 3G Watchdog

Aplikasi 3G watchdog bekerja menyerupai sebuah cctv yang khusus mengawasi penggunaan kuota internet yang terjadi pada smartphone Anda. Pada awal proses setup, Anda akan diminta untuk mengisi nominal kuota pada satuan tertentu, dan masa aktifnya.

Sehingga setiap waktu sanggup diketahui kapan kuota dipakai dan seberapa besar kuota internet digunakan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur “Alert” yang akan bermanfaat untuk mengingatkan bahwa kuota internet telah mencapai batasannya. Oleh alasannya ialah itu, Anda sanggup bersiaga sebelum benar-benar kehabisan kuota internet.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Samsung Ativ S I8750 Terbaru 2017

Aplikasi Utilization pada beberapa ponsel

Beberapa smartphone sekarang telah dilengkapi dengan aplikasi utilization bawaan dari pabrikannya. Mengambil referensi Meizu M5 yang menyertakan  aplikasi Meizu Security yang sudah termasuk power saver, space cleaner, sampai data saver. Fitur Data saver di sini hampir menyerupai cara kerjanya dengan 3G Watchdog, yaitu dengan fitur data saver ini Anda sanggup mengatur limit penggunaan kuota Anda dan menentukan Alert ketika kuota hampir habis.

Simak lainnya: 7 Aplikasi Terbaru Mempercepat Koneksi Internet di Android

Anda cukup memakai salah satu cara cek penggunaan kuota/paket data internet di smartphone Android di atas. Praktis kan?