Manfaat Daun Sirsak untuk Penyakit Kanker Manfaat Daun Sirsak Tidak untuk Mengobati Kanker

Manfaat Daun Sirsak dipercaya banyak orang bahkan beberapa pasien sebagai salah satu alternatif untuk mengobati kanker yang mereka derita. Bahkan, beberapa sumber juga menyampaikan daun sirsak Mempunyai sifat menyerupai kemoterapi yang mempu membunuh sel-sel yang tumbuh absurd (kanker), dan tetap menjaga sel-sel yang normal.

Namun Menurut, Prof. DR. dr. Soehartati G.,Sp.Rad(K) Onk.Ra, yang merupakan Kepala Departemen Radioterapi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), sirsak memang buah yang mengandung antioksidan, dan vitamin C tinggi, dan sejauh ini belum ada bukti penelitian yang cukup berpengaruh mengenai manfaat daun sirsak sebagai obat kanker.

Sehingga untuk menunjukkan kesimpulan, apakah suatu obat atau ramuan tertentu bermanfaat atau tidak terhadap suatu penyakit membutuhkan penelitian yang panjang, sehingga benar-benar bisa dibuktikan dengan bukti yang otentik menurut penelitian dan pengamatan.

Sedangkan Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, SpGK, sebagai Spesialis Gizi Klinik RSCM, juga menyatakan pendapat yang sama mengenai khasiat daun sirsak.  Beliau menyampaikan ‚ÄúPada umumnya, buah dan sayuran memang mengandung antioksidan yang tinggi, namun Antioksidan tersebut berfungsi untuk mencegah, bukan untuk mengobati.

Beliau juga mengaku pernah mendengar isu mengenai khasiat daun sirsak yang bisa dipakai untuk mematikan sel-sel kanker, namun memang untuk menerangkan hal tersebut diharapkan penelitian lebih lanjut.

Sampai ketika ini para dokter belum menganjurkan penggunaan daun sirsak sebagai obat kanker, sebab memang harus dilakukan penelitian yang lebih spesifik. Mula dari penelitian yang diujicobakan kepada binatang, manusia, jangka pendek dan jangka panjang.

Ringkasan:

  • Manfaat Daun Sirsak yaitu sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh,
  • Daun Sirsak belum terbukti menurut penelitian bisa mengobati penyakit kanker,
  • Selain daun sirsak buah-buahan dan sayur-sayuran juga banyak yang mengandung antioksidan tinggi.
Baca Juga :  Tutorial Root Hp Infinix X510 Hot 2 Mudah