Gangguan Kesehatan Setelah Idulfitri Berakhir biasanya akan meningkat. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya kunjungan di banyak sekali sentra pelayanan kesehatan atau dokter praktek. Bahkan instalasi gawat darurat  di rumah sakit biasanya akan menampung banyak pasien berat (stroke, serangan jantung, gula darah dan bisul paru).

Ada tiga kelompok penyebab gangguan kesehatan yang sering terjadi sesudah lebaran, yaitu penyakit akhir kelelahan, penyakit kronik yang kambuh dan Penyakit yang disebabkan Lingkungan Rumah Kotor. Adapun penjelasannya ialah sebagai berikut:

Gangguan Kesehatan Akibat Kelelahan
Perjalanan pulang kampung yang melelahkan dan mengkonsumsi makanan tidak sehat meningkatkan resiko bisul pernafasan atas, diare dan flu. Kurangnya waktu istirahat dan bergerak ketika berkendara juga menjadikan sakit kepala dan mengalami pegal-pegal. Gangguan Kesehatan Ringan tersebut dapat disembuhkan dengan mencukupkan waktu tidur.

Namun tentu banyak diantara anda yang tidak akan mencukupkan waktu tidur karena, impian untuk berkunjung ke keluarga atau kerabat. Pada kondisi ini kelelahan akan semakin meningkat dan memperburuk daya tahan tubuh. Sehingga penyakit lebih gampang menyerang.

Gangguan Kesehatan Kronik
Gangguan Kesehatan Serius (Kronik) yang dulu pernah dialami biasanya akan muncul kembali ketika lebaran. Hal ini disebabkan lantaran contoh makan yang tidak terjaga (banyaknya mengonsumsi makanan / minuman manis, tinggi lemak, dan asin).

Penyakit yang paling gampang kambuh ketika lebaran ialah diabetes, hiperkolesterol dan asam urat. Seorang Obesitas yang ketika bulan ramadhan mengalami penurunan berat badan, maka sesudah lebaran berat badannya akan naik kembali bahkan akan melebihi ketika sebelum bulan puasa. Penderita Sakit maag biasanya juga akan mengalami kekambuhan, lantaran makan tidak teratur dan mengkonsumsi makanan yang berlemak, keju atau coklat secara berlebihan.

Gangguan Kesehatan Karena Kebersihan Lingkungan
Kebersihan Lingkungan Rumah ketika ditinggal pulang kampung biasanya tidak diperhatikan. Bukan saja lantaran Pembantu Rumah Tangga yang juga ikut Mudik, namun sampah yang menumpuk lantaran petugas pembuang sampah juga libur, akan meningkatkan jumlah lalat dan tikus-tikus.

Binatang-binatang pembawa bibit penyakit ini akan memperlihatkan imbas Gangguan Kesehatan ibarat bisul usus (diare), demam thypoid. Leptospirosis, Demam Berdarah. Makanan dengan penyimpanan tidak baik juga akan rentan ditumbuhi jamur, menjadi basi, dan memicu kontaminasi terhadap makanan mentah berada erat makanan tersebut. Hal tersebut akan menjadikan insiden keracunan makanan sesudah lebaran.

Antisipasi terhadap banyak sekali Gangguan Kesehatan Setelah Idulfitri merupakan hal yang penting. Berbagai aktifitas ketika itu akan membawa imbas yang kurang baik bagi kesehatan. Sehingga anda harus meningkatkan kewaspadaan dan tetap melaksanakan upaya pencegahan terhadap penyakit yang mengancam kesehatan.

Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Setelah Idulfitri akan meningkat dan menjadikan banyaknya pasien di sentra pelayanan kesehatan,
  • Penyebab Penyakit ketika lebaran ialah Kelelahan, Kambuhnya Penyakit usang dan lingkungan Rumah Tidak Sehat.

Baca Juga :  Penyebab Insomnia Dan Bahaya Komplikasinya