Senam otak (Brain Gym) pertama kali dikembangkan oleh Dr Dennison dan istrinya sehabis melewati masa riset selama hampir 19 tahun. Terdapat keterkaitan antara perkembangan tubuh, bahasa dan prestasi akademik Ia kemudiam menyebarkan serangkaian gerakan yang dinamakan Brain Gym dan berhasil mengubah kesulitan berguru menjadi sebuah keberhasilan yang luar biasa.

Paul Dennison membagi otak ke dalam tiga fungsi utama, yaitu :

  1. Dimensi Lateral :
    koordinasi antara hemisfir kanan dan kiri yang mempunyai kegunaan untuk membangun/mengembangkan komunikasi dengan lebih efektif
  2. Dimensi Pemusatan :
    Koordinasi antara bab atas dan bawah otak yang mempunyai kegunaan untuk mengatur proses berpikir dan tindakan.
  3. Dimensi Fokus :
    koordinasi antara batang otak dan pre-frontal cortex yang mempunyai kegunaan untuk tujuan pemahaman dan perspektif.

Senam otak sangat baik dilakukan pada awal pembelajaran, yang mempunyai kegunaan untuk membuka titik-titik nyata belajar. Setelah belajar, Senam otak juga sanggup dilakukan kembali untuk menciptakan santai/rileks akhir proses pembelajaran yang melelahkan/menegangkan/membutuhkan konsentrasi tinggi. Senam otak sanggup pula berfungsi untuk meredakan dan mengurangi stress.

Membangkitkan Titik Positif
Titik nyata terletak di atas alis, kira-kira pertengahan antara alis dan batas rambut.

Banyak orang sanggup meraba benjolan kecil di kedua titik ini. Dengan lembut letakkan tiga jari dari kedua tangan di titik ini (akan lebih baik jikalau gerakan ini dilakukan sambil memejamkan mata). Sentuh titik ini dengan lembut selama enam hingga sepuluh kali pernapasan lengkap yang dilakukan dengan perlahan. Anda sanggup menyentuh sendiri Titik Positif atau meminta orang lain menyentuh bagi Anda. Untuk menghilangkan stres, sentuh titik ini sambil meninjau ulang situasi yang menciptakan Anda stres dan juga sambil mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan alternatif penyelesaian duduk masalah Anda.

Baca Juga :  Inilah 9 Penyebab Rambut Rontok

MANFAAT TITIK POSITIF
Titik Positif yaitu titik acupressure (titik tekan) yang secara spesifik dikenal untuk mengurangi refleks ‘’berjuang atau melarikan diri’’ yang ada pada sistem limbik (dalam otak reptil). Hal tersebut mempunyai kegunaan untuk menghilangkan stres emosional. Dengan menyentuh titik-titik itu, berarti memindahkan reaksi otak terhadap stres dari sistem limbik (midbrain) ke otak bab depan (formal lobe), sehingga memungkinkan Anda memperlihatkan reaksi yang lebih rasional.

Gerakan 8 Tidur : Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan

Luruskan satu lengan ke depan Anda, dengan ibu jari mengarah ke depan. Di udara, dengan perlahan-lahan dan halus buat gambar angka 8 berukuran besar yang rebah di sisinya. Ketika Anda bergerak mengikuti gambar 8 tidur, fokuskan mata Anda di ibu jari. Jaga leher Anda tetap relaks dan kepala lurus, wajah ke depan, biar kepala agak membisu atau hanya sedikit bergerak mengikuti gerakan 8 tidur.

Langkah-langkahnya :

  1. Gerakkan tangan menuju arah panah 1 ( Ke kiri), agak atas dari mata. namun jangan terlalu lebar. Batasannya, dengan lirikan, ibu jari itu masih sanggup terlihat. Terus bergeraklah ke kiri, turun ke bawah pada langkah 2 dan 3, kemudian kembali ke posisi semula di langkah ke-4.
  2. Ikuti gerakan arah panah 5 (Ke kanan), agak ke atas dari mata, sebagaimana langkah 1 tadi. kemudian ikuti langkah ke6 dan 7, sebelum kembali ke posisi semula di 8.
  3. Ulangi langkah 1 hingga langkah 8, delapan kali sehari. usang kelamaan, anda akan semakin lancar menggerakkan mata anda mengikuti ibu jari tersebut. Bila sudah demikian lancar, anda boleh melaksanakan senam otak di atas, tanpa memakai penunjuk ibu jari. untuk gerakan selengkapnya, buka gerakan tangan kiri, dan gerakan tangan kanan.

Manfaat 8 Tidur
Gerakan 8 Tidur memadukan bidang visual kiri dan kanan, jadi meningkatkan integrasi cuilan otak kiri dan kanan, sehingga keseimbangan dan koordinasi antar bab menjadi lebih baik. Banyak orang melaporkan penglihatan dengan kedua mata bersamaan (binokular) membaik dan penglihatan perifer meluas, sehabis melaksanakan 8 Tidur. Keterampilan membaca, menulis, dan memahami menjadi semakin baik.

Baca Juga :  Ini ia 3 Tanda Bahwa Anda Sedang Subur Suburnya! HARUS TAU nih buat yang lagi Program Hamil!

Gerakan Menyilang
Seiring dengan pertumbuhan tubuh, kolaborasi antara kedua sisi yang berlawanan terjadi melalui gerakan ibarat merangkak, berjalan dan berlari.

Gerakan silang mengaktifkan pusat bicara dan bahasa di dalam otak. Hal itu terjadi alasannya gerakan silang merangsang bab otak yang mendapatkan informasi dan juga bab yang mengungkapkannya, sehingga mempermudah proses berguru yang terhubung.

Gerakan-gerakan ini mengaktifkan korelasi antara otak kanan dan otak kiri. lebih detail ihwal gerakan menyilang :

SOURCE : SUPERSUGA