Siklus menstruasi ialah periode bulanan yang terjadi pada perempuan Tanda Siklus Menstruasi Teratur dan Tidak Teratur
Siklus menstruasi ialah periode bulanan yang terjadi pada wanita, dimana sel telur yang tidak dibuahi keluar melalui vagina dalam bentuk darah. Namun, tidak sedikit perempuan dan mungkin juga anda, tidak mengetahui bagaimana Tanda Siklus Menstruasi Teratur atau Tidak teratur dan bagaimana pengaruhnya untuk proses kehamilan. Perubahan siklus menstruasi memang sanggup saja terjadi pada wanita, seperti: tidak mendapat menstruasi, terjadi pendarahan menstruasi yang tidak sesuai jadwal, dll. Meskipun biasanya siklus menstruasi yang tidak teratur bukan merupakan hal yang serius, namun hal tersebut juga sanggup menjadi tanda adanya problem kesehatan pada rahim anda.
Siklus Menstruasi Normal pada perempuan sanggup terjadi dengan jarak 21 hari sampai 35 hari & berlangsung selama 2 sampai 7 hari. Untuk dewasa biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang panjang (lebih dari 35 hari) atau tidak teratur. Dan akan menjadi makin pendek & lebih teratur dengan bertambahnya usia.
Definis normal untuk siklus menstruasi memang sangat luas, perempuan sanggup saja mengalami siklus dengan jarak antara periode menstruasi yang sama atau menstruasi yang tidak teratur, dengan pendarahan yang banyak atau sedikit, sangat sakit atau tanpa sakit, berlangsung usang atau pendek, & masih dianggap normal. Dengan kata lain, yang dimaksud normal disini ialah normal anda belum tentu normal untuk perempuan lain.
Tipa Menghitung Siklus Menstruasi Teratur
Untuk mengetahui Siklus Menstruasi yang Normal, anda sanggup mencatat hari pertama mendapat menstruasi setiap bulannya, dan akan lebih gampang dilakukan pada sebuah kalender yang berada di kamar anda. sesudah dilakukan selama beberapa bulan anda akan mengetahui apakah memiliki siklus menstruasi yang teratur atau siklus menstruasi yang tidak teratur.
Apabila anda memiliki problem dengan siklus menstruasi atau merasa khawatir mengenai waktu, fatwa darah atau rasa tidak nyaman yang terjadi ketika menstruasi, sebaiknya buat catatan mengenai hal-hal berikut ini setiap bulannya:
  • Waktu simpulan menstruasi : Berapa usang biasanya menstruasi akan terjadi, apakah lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya?
  • Aliran darah yang keluar : Catat banyaknya darah yang keluar, apakah lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya? berapa seringkah harus mengganti pembalut setiap harinya ?
  • Rasa sakit yang dialami : Gambarkan rasa sakit yang dialami ketika sedang menstruasi, apakah lebih sakit dari biasanya apakah tidak?
Penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur
Siklus menstruasi yang tidak teratur sanggup disebabkan karena:
  • Kehamilan & menyusui
Apabila suatu bulan anda tidak juga mendapat tanda Menstruasi, sanggup jadi sebagai membuktikan terjadi kehamilan. Namun apabila anda belum pernah melaksanakan aktifitas seksual dan anda mengalami terlambat menstruasi selama 6 minggu, sebaiknya anda melakukan investigasi kedokter. Untuk perempuan menyusui, biasanya juga akan mengalami kelambatan dalam siklus menstruasi.
  • Gangguan contoh makan, penurunan berat tubuh yang hiperbola & olahraga yang berlebihan
  • Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Polycystic ovary syndrome (PCOS) ialah gangguan hormon yang sanggup menimbulkan terbentuknya kista (kantung yang berisi cairan) di dalam ovarium & menimbulkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur.
  • Kegagalan fungsi ovarium yang prematur
Kegagalan fungsi ovarium yang prematur ini menimbulkan hilangnya fungsi normal ovarium pada perempuan sebelum berumur 40 tahun. Wanita dengan permasalahan ini  akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan tidak mendapat menstruasi sama sekali.
  • Endometriosis
Adalah sebuah ganguan yang menyebabkan suatu jaringan yang biasanya berada didalam rahim, menjadi tumbuh di luar rahim. Kelainan Endometriosis sanggup menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada belahan perut, terutama ketika menstruasi.
  • Penyakit radang panggul (Pelvic inflammatory disease)
Penyakit nanah pada organ reproduksi  ini menimbulkan terjadinya pendarahan menstruasi yang tidak teratur.
  • Uterine fibroids
Uterine fibroids ialah pertumbuhan jaringan yang bukan kanker di dalam rahim. Hal ini sanggup menimbulkan darah menstruasi yang keluar menjadi lebih banyak & adanya pendarahan di antara siklus menstruasi.
Cara untuk mencegah terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur
Bagi beberapa wanita, pil kontrasepsi sanggup dipakai untuk membantu menciptakan siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Akan tetapi ada beberapa kasus, dimana siklus menstruasi yang tidak teratur tersebut tidak sanggup dicegah. Sebaiknya melaksanakan investigasi panggul secara teratur untuk membantu mengetahui secara dini apabila ada problem kesehatan yang sanggup mengganggu organ reproduksi. Dan apabila anda berfikir gangguan yang anda alami tidak sanggup anda atasi, solusi yang terbaik ialah berkonsultasi pribadi ke dokter seorang hebat kandungan.
Dengan mengetahui Siklus Menstruasi Teratur, maka anda akan lebih memahami mana siklus menstruasi yang normal atau yang tidak normal bagi anda. Dan apabila anda masih merasa ragu atau kurang paham mengenai siklus menstruasi, silahkan berkonsultasi pribadi ke dokter.
Ringkasan:
  • Wanita biasanya memiliki Siklus Menstruasi Teratur dan Tidak Teratur,
  • Perhitungan siklus Menstruasi yang sempurna akan didapatkan hasil, apakah siklus tersebut normal ataukah tidak normal,
  • Ketidaknormalan Siklus Menstruasi sanggup menjadi petunjuk adanya penyakit pada rahim wanita.

Buku dan Konsultasi Cepat Hamil dengan dr. Rosdiana Ramli, SpOG:

Siklus menstruasi ialah periode bulanan yang terjadi pada perempuan Tanda Siklus Menstruasi Teratur dan Tidak Teratur
Baca Juga :  Lightning Rangers MOD APK v0.9.7123 (All MOD) Terbaru Gratis Download